Kamis, 30 April 2015

kehidupan di balik geruji besi (fitri handayani)



Fitri Handayani
1113046000135

Kehidupan Di Balik Geruji Besi
            Dari bilik pintu masuk geruji besi terlihat seseorang yang mengenakan stelan celana pendek di atas lutut dan berpakaian compang camping sepertinya celana dan pakaiannya telah lama tidak di cuci terlihat sangat kotor dibagian kerah leher dan warnanyapun telah tercampur oleh debu dan sangat usang, narapidana itu bernama Satria dia dulu adalah seorang pelajar, otaknya lumayan cukup pintar dalam seni musik, satria berasal dari desa merantau kekota bersama keluarganya. Dia anak tunggal bapaknya telah lama meninggal dunia dan dia di besarkan sendirian oleh ibunya, ibu Satria adalah sosok yang tegar.
Di waktu siang hari terasa sangat panas didalam gerugi besi tidak ada pendingin ruangan seperti di rumah, hotel atau penginapan hanya ada sedikit udara di dalam gerugi besi sangat panas di siang hari sebaliknya di malam hari begitu dingin tidak ada selimut yang hangat dan jaket disini, terasa semuanya hitam, gelap dan kelabu di geruji besi, sepertinya di dalam geruji besi tidak ada lagi cinta dan kasih sayang hanya bisa mengingat kenangannya sewaktu sebelum masuk ke dalam laut hitam itu, sekarang dia merasakan hanya ada tatapan sinis dari para narapidana yang terperangkap di dalam geruji besi selama bertahun-tahun.
Air mata yang begitu deras dan terus-menerus mengalir tanpa henti karena satria mengingat masa-masa dia dirumah bersama ibunya dalam penjara yang sesak dan penuh noda noda kotor. Lamunannya pun terbuyar ketika punggung Satria ditepuk oleh teman satu kamar penjara, Malik namanya. “kenapa lu bro, kayanya lagi galau banget lu?” Malik sambil memandang Satria. Satria yang keliatan begitu terpuruk berkata “oh… ga apa apa bro…” sambil tersenyum tipis. Lalu Malik menjawab “yaelah lu bro, santai aja kalau emang lagi ada masalah ya di ceritainlah, gue emang ga bisa bantu apa-apa ya seenggaknya dengan lu cerita sama gue lo bisa tenanganlah ga bengong mulu bro..” ucap Malik sambil memandangi geruji besi dihadapannya.
Malik adalah teman terbaik Satria dalam penjara, Malik juga yang menolong Satria ketika Satria dikeroyok oleh orang-orang yang ada dipenjara ketika Satriia baru masuk geruji besi. Malik masuk ke dalam geruji besi membunuh seorang preman karena dendamnya. Umur mereka sebaya. Setelah didesak oleh Malik begitu, Satria kemudian bertanya kepada Malik. “lu nyesel ga sih ? masuk penjara..?” sambil menarik nafas Malik menjawab “menyesal itu pasti ada, tapi inilah takdir dan kenyataan, ya kali gua nuntut hidup yang gua pengen kaya apa, sekarang kita jalanin aja yang udah terjadi.”
“lu ga kangen apa ama nyokap lu ?”
“gua dari kecil udah ditinggal sama nyokap dan bokap gua, nyokap gua meninggal karena ngelahirin gua, nah pas umur gua 5 tahun gua liat bokap gua tewas didepan rumah dan waktu itu gua gatau siapa yang berani udah nikam dia, terus gua dibesarin sama nenek gua, gua bangga udah menunaikan dendam atas bokap gua, menancapkan belati dendam kejantung preman itu.”
 “oiya tadi katanya kan lu gatau yang ngebunuh bokap lu. Terus kok lu bisa tau preman yang lu bunuh pernah ngebunuh bokap lu ?..”  Tanya Satria penasaran.
 “ gua tau, dan gua banyak bertanya sama orang yang mengingat kejadian 17 tahun silam itu bro..”
 “apakah dendam dibalas dengan dendam akan membuat masalah itu selesai ?..” Tanya Satria santai.
“ya engga sih, makanya gua nyesel banget..”
Tak mau kalah dengan Satria, Malik juga tak ingin meluangkan kesempatan ini lalu dia bertanya kepada Satria.
“sekarang gentian bro, kenapa lu bisa masuk sini? Gua harap jangan pernah ada yang lu tutupin ya bro.
” sambil tersenyum Malik bertanya kepada Satria. Dengan raut wajah yang sedih, kesal dan semua bercampur jadi satu Satria menjawabnya.
 “gara-gara barang haram itu bro, sungguh gua udah bikin nyokap gue kecewa banget akan kelakuan gua..”
 “lagian lu ngapain juga bisa kenal sama barang haram itu? Lu ga inget nyokap lu apa pas lu nikmatin barang haram itu ?..”
 “karena pergaulan temen-temen balap liar gua, sungguh gua gatau apa itu gua dicekokin setan-setan itu, setelah itu gua ga inget lagi sama nyokap gue.” Dengan penuh penyesalan dan tangisan air mata Satria menjawabnya.
“nyokap lu tau ga kalau lu di penjara ?”
“tau bro”
 “kenapa nyokap lu ga pernah ngejenguk lu bro? apa dia udah bener-bener kecewa?”
 “nyokap gua udah pergi bro, pergi disaat dia tau info gua berada dipenjara, nyokap gua gagal jantung bro..” tambah deras air mata Satria menetes.
            Malik hanya terdiam sebentar, lalu berkata dan mencoba menghibur Satria.
“sudahlah bro, sabar. Ini adalah cobaannya dan suatu pelajaran hidup kita sebagai manusia bro untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi dan kita adalah manusia beruntung bro masih bisa dikasih pelajaran hidup buat hidup yang lebih baik lagi sama Allah bro coba kalau kita langsung meninggal dunia, kita langsung masuk neraka bro..”
“iya bro bener kita harusnya bersyukur sama Allah udah dikasih kesempatan buat perbaikin semuanya, gua ga bakalan nyia-nyian kesempatan yang Allah udah kasih kegua ini, pokoknya keluar dari sini gua bakalan jadi manusia yang berguna buat semua orang. Gua mau bikin nyokap sama bokap gue seneng dan bangga meskipun alam kita sudah berbeda..” jawab Satria sambil menghapus air matanya yang deras itu.
“nah gitu dooong bro, itu baru namanya Satria ganteng temen gue ..” sambil tertawa lebar dia menepuk punggung Satria.
“makasih banget ya bro. lo emang sahabat gue banget bro. kalau udah keluar dari sini kita main bareng bro..”
“siaplah bro. pokoknya lu gaboleh sombong ama gue bro”
“yaiyalah bro buat apa gue sombong, lu kali yang sombong mah nanti..” sambil menertawakan Malik.
“ga bakalan bro tenang aja..” sambil menertawakan Satria.
Lalu Malik melihat buku kecil ditangan Satria dan mengambil lalu membacanya.
“puisi lu bagus banget bro, berbakat banget lu jadi pengarang puisi..”
“itu bukan puisi bro, lagu buat nyokap gue bro..”
Satria hanya tersenyum. Dia memang berbakat dalam hal seni musik, karena dia mempunyai band dan dia pengarang lagu-lagu diband tersebut.tapi gara-gara pergaulan bebasnya dan narkoba dia gagal menjadikan impiannya sebagai musisi terkenal.
Tak selang berapa lama mereka berbincang, datanglah petugas, karena waktunya makan siang para narapidana.
Hanya ada tersedia nasi aking dan makanan tempe tapi para narapidana tersebut sangat lahap menyantap makanan itu. Rasanya pun hambar sekali.
            Beberapa tahun kemudian Malik dan Satriapun bebas dari penjara, mereka meneruskan pendidikannya hingga jenjang strata 1 dan menjalani hidup yang lebih baik baik dan baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar