Sabtu, 28 Maret 2015

Deskripsi Ruang



PERPUSTAKAAN FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM
Afni Afida (1113046000101)
          Pintu kaca yang bening tanpa kotoran yang menempel, yang ada hanya gantungan yang bertuliskan “BUKA” dan “TUTUP” yang disesuaikan dengan jamnya. Begitu pintu perpustakaan itu kubuka, harus menggunakan tenaga untuk membuka, karena terasa berat pintu kaca itu. Kudapati langsung hawa dingin setelah masuk ke ruang perpustakaan. Udara yang sejuk membuat merinding bulu romaku dan bau wangi yang tercium setelah masuk ke perpustakaan. Pagi itu aku  masuk ke perpustakaan suasananya masih sepi, hanya ada beberapa orang saja termasuk petugasnya hanya ada satu yang menjaga perpustakaan. Biasanya perpustakaan ramai pada jam 10.00 WIB sampai 12.00 WIB, setelah jam istirahat suasananya tidak terlalu ramai. Perpustakaan buka jam 08.00 WIB sampai 15.00 WIB.
Mengawali pagi yang cerah ini, aku langsung datang ke perpustakaan untuk mencari referensi buku mata kuliah hari ini. Akupun mendapatkan bukunya dan untuk menunggu jam masuk kelas Akupun duduk di tempat favoritku, meja dan kursi warna merah yang berada diseberang meja petugas. akupun mulai kedinginan karena diatas tempat aku duduk ada pendingin ruangan. Di ruangan itu terdapat  4 buah pendingin ruangan yang menempel di dinding dan 1 pendingin ruangan yang besar di pojok kiri ruangan. Suasana yang tenang tanpa ada mahasiswa-mahasiswa yang bergurau. Mereka sibuk sendiri, ada yang mencari buku untuk referensi, ada yang mengerjakan tugas, ada yang membaca, ada yang duduk manis depan laptop dan ada pula yang  ke perpustakaan hanya untuk mencari wifi.
Setelah membuka pintu langsung kudapati meja petugas penjaga perpustakaan dan 2 orang yang sedang duduk.  Diatas mejanya ada 2 unit komputer dan setumpuk buku-buku yang dikembalikan mahasiswa, ditumpuk rapih di ujung meja petugas.dibelakang kursi petugas terdapat 1 buah jam dinding dan kalender yang tertempel di dinding. disebelah kanan pintu masuk terdapat lemari untuk manaruh tas-tas mahasiswa. Dan  tepat di depan meja petugas terdapat 5 meja memanjang dan kursi berwarna merah untuk mahasiswa.disebelah kiri dari pintu masuk kudapati ada tempat lesehan yang berkarpet warna hijau tua yang dikelilingi rak-rak buku skripsi mahasiswa Syariah dan hukum. Buku tertata rapih dalam rak dan diletakkan sesuai dengan label raknya. Dan di atas dinding terdapat 3 buah bingkai hiasan kaligrafi yang sangat indah. Menambah keindahan ruangan.
Ketika kuarahkan pandanganku kearah kanan terdapat suatu ruangan kecil yang tembus pandang.disekat kaca bening. Diruangan tersebut terdapat 1 unit komputer, 1 unit telepon rumah, 2 rak buku dan 1 dispenser.  ruangan itu terdapat tumpukan buku-buku, Tepat di depan ruangan kecil itu terdapat rak-rak buku yang berjejer, ada 6 rak buku yang panjang. Diatas rak bku tersebut terdapat kertas berwarna merah dan biru yang bertuliskan kelompok-kelompok buku serta nomor rak buku untuk memudahkan mahasiswa mencari buku yang dibutuhkan. Buku-buku terlihat tertata dengan rapih.
Ketika kuarahkan pandanganku ke atas, terdapat lampu-lampu panjang yang membuat ruangan ini cukup terang. Terdapat 2 lampu yang rusak. Terdapat juga Jendela-jendela kecil yang dilindungi besi di atas dinding yang berseberangan dengan tempat dudukku. Terlihat kotor dan berdebu,  mungkin karena tidak dibersihkan.
Aku beranjak dari tempat dudukku, lalu aku duduk ditempat lesehan yang beralaskan karpet hijau tua, tercium bau tidak sedap yang sangat menyengat dari karpet, dan terdapat debu. Mungkin karena belum dibersihkan oleh petugas, tapi itu sangat mengganggu konsentrasiku ketika duduk disitu.mengurangi rasa kenyamanan perpustakaan.






                                                                                                                     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar